Tolong di klik yahhh..

Minggu, 08 April 2012

Pandangan Behaviorisme

behaviorisme adalah salah satu dari berbagai macam bagian dalam psikologi, aliran ini di beck-ingi oleh beberapa nama besar termasuk J.B Watson dan B.F. Skinner.  behaviorisme adalah pandanagn yang inti dari setiap teorinya adalah bahwa behaviorisme ada/muncul karena adanya stimulus dari luar/lingkungan. orang-orang secara bertahap mendapatkan gaya kepribadian mereka berdasarkan proses yang bertahap(step by step).dalam teori ini, lingkungan yang paling berperan aktif dalam membentuk individu(merasa atau berfikir). menurut teori ini, pembentukan tingkah laku oleh pendekatan teori pembelajaran. pandangan behaviorisme menginterpretasikan bahwa perilaku harus dijelaskan dalam kerangka pengaruh kasual lingkungan terhadap orang tersebut. pandangan ini juga berpendapat bahwa pemahaman terhadap manusia harus di bangun berdasarkan riset ilmiah objektif dimana variabel di kontrol secara seksama dalam eksperimen laboratorium. ada beberapa prinsip dasar behaviorisme:
-Behaviorisme is Lawful--> ilmu adalah usaha untuk menemukan keteraturan, menunjukkan bahwa peristiwa tertentu berhubungan secara teratur.
-Behaviorisme is predicted--> tingkah laku dapat diramalakan.
-behaviorisme can be controlled--> tingkah laku dapat di kontrol.
John Broades Watson pria kelahiran 9 januari ini adalah salah satu pendiri behaviorisme, ia adalah ilmuan yang banyak menyelidiki tentang psikologi binatang dan menjadi professor dala eksperimen laboratorium. menurutnya ada beberapa konsep dasar aliran behaviorisme :
- psikologi harus menjadi ilmu objektif, dia menentang teori freud dan mengatakan psikologi harusnya tidak percaya akan adanya kesadaran yang di teliti dengan metode introspeksi diri (observasional kondisi mental seseorang)
-psikologi harus dipelajari seprti memahami ilmu pasti atau ilmu alam, oleh karena itu psikologi harus di batasi dengan ketat dan penyelidikannya tentang perilau yang nampak saja.
-objek studi psikologi sebebnarnya adalah perilaku yang nyata.
pandangan umum watson:
-psikologi mempelajari perilaku stimulus-respon
-stimulus, semua objek di lingkungan termasuk perubahan jaringan dalam tubuh
-respon adalah semua jawaban dari stimulus.
-tidak mempercayai bahwa faktor hereditas atau keturunan adalah penentu perilaku melainkan perilaku tersebut terbentuk akibar hasil dari belajar.
-perilaku adalah hasil belajar sehingga lingkungan sangat penting.
-perilaku manusia di dasarkan pada faktor eksternal
-mind tidak bisa di teliti secara ilmiah
-mengakui body sebagai objek studi ilmiah
-mind and soul adalah ciri utama dalam behaviorisme

teori dan konsep behaviorisme
-teori belajar (S-R) stimulus - respon
-segala peilaku manusia sebagaian besar adalah faktor lingkungan
LINGKUNGAN YANG MEMBENTUK KEPRIBADIAN MANUSIA


ada 4 syarat terbentuknya S-R:
-dorongan ==> keinginan dari dalam diri pribadi
-stimulus==> unsur yang datang dari luar diri individu
-respon==>hasil dari individu akibat adanya stimulus
-penguat==> unsur yang datang dari pihak luar.

Burhus Frederick Skinner (19904-1990)
skinner adalah salah satu yang termasuk dalam aliran behaviorisme, dia juga tidak setuju dengan freud yakni menolak ketidaksadaran menjadi faktor penting dalam membentuk kepribadian. menurutnya meneliti ketidaksadaran dan motif tersembunyi adalah percuma. dia juga tidak mengenal self actualization, dia hanya menitikberatkan penelitiannya pada perilaku dan reinforcement. skinner sependapat dengan watson yakni perilaku berdasarkan lingkungan dan reward. reward ini adalah apa yang sangat di inginkan oleh individu tersebut, artinya sesuatu yang benar-benar dia senangi, dia butuhkan sebab apabila reward yang di berikan tidak sesuai dengan keinginannya atau tidak terlalu dia butuhkan maka dia tidak akan  bekerja maksimal untuk mendapatkan sesuatu atau hasil yang optimal. menurut skinner unsur yang paling penting dalam membentuk kepribadian adalah reward dan punishment dia juga mengabaiakan unsur emosi, fikiran dan kebebasan.
konsep dasar Skinner
-skinnre bukan hanya ingintahu bagaimana eprilaku tersebut bisa terjadi tapi juga ingin memanipulasinya.
-keberhasilan mengontrol kejadian atau tingkah laku manusia merupakan bukti kebenaran teori.
-skinner memahami tingkah laku dan bisa mengontrolnya menggunakan teknik analisis fungsional tingkah laku.

struktur kepriibadian menurut skinner:
operan adalah sesuatu yang dihasilkan atau berbagai respon yang dihasilkan oleh organisme tanpa adanya stimulus spesifik yang langsung memaksa terjadinya respon tersebut, kemudian respondent adalah sesuatu yang dimunculkan.

dinamika kepribadian
-Classical conditioning ==> muncul secara refleks
-Operant conditioning==>ada proses kesadaran dan konsekuensi

perkembangan kepribadian
-teori skinner tentang perubahan tingakah laku, belajar dan modifikasi tingkah laku.
-skinner yakin bahwa pemahaman tentang kepribadian akan timbul dari perkembangan tingkah laku manusia dalam interaksinya secara terus-menerus dari lingkungannya.
-skinner dalam semua teorinya terlihat bahwa dia tidak memberikan perhatian khusus d masa kanak-kanak.
-tidak emlihat alasan untuk membagi proses perkembangan dalam beberapa tahap.
-memandang faktor eksternal yangg lebih dominan dalam membentuk perilaku.

itu saja yang bisa saya shared ke teman-teman untuk sekarang ini, kalau memang dalam pengetikan atau dalam penjelasan artikel ini terdapat kesalahan, mohon di koreksi karena saya juga manusia yang tak luput dari salah dan dosa serta apabila masih ada yang kurang silahkan di tambahkan. apabila ada kekeliruan mohon di ingatkan yahh...
mksh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar