Tolong di klik yahhh..

Rabu, 11 April 2012

Defence Mechanism

Defence mechanism adalah proses-proses yang digunakan ego untuk menyimpangkan kenyataan untuk melindungi dirinya sendiri. DM juga adalah mekanisme pertahanan diri dari segala kecemasan atau ketakutan yang berlebihan. menurut Freud ada beberapa macam DM, yakni:
Represi==> mekanisme pertahanan ego yang menekan fikiran-fikiran yang mengancam ke alam ketidak sadaran, represi juga adalah salah satu cara untuk menghilangkan kekecewaan atau kekurangan dengan jalan melupakannya yaitu apa yang disadari dimasukkan ke alam bawah sadar .
Proyeksi==> mekanisme pertahanan diri yang mengubah kecemasan atau melempar kecemasan kepada oranglain. kecemasan adalah tantangan dari luar lingkungan  dan dari dalam diri.
Sublimasi==> pengubah dorongan berbahaya menjadi motivasi positif agar bisa di terima secara sosial.
Fiksasi==> berhentinya perkembangan normal pada tahap perkembangan tertentu karena kelanjutannya sangat sukar(takut melangkah ketahap selanjutnya)
Rasionalisasi==> mengubah logika untuk menghindari masalah
Reaksi formasi==> mengubah impuls agar bisa terhindar dari masalah dengan cara mengubah stimulus (mengubah perasaan)
Pembalikan==> mengubah impuls agar bisa terhindar dari maslah dengan cara mengubah objek.
reaksi formasi dan pembalikan memang hampir sama, cuma bedanya ada pada pengubahan objek atau perasaan dari keduanya. apabila reaksi formas yang di ubah adalah perasaan kita sedangkan pembalikan adalah mengubah objeknya. contoh perbedaan antara reaksi formasi dan pembalikan adalah apabila kita marah kepada ibu kita, tapi agar kita terhindar dari masalah, kita melakukan reaksi formasi dengan cara mengubah perasaan marah kita menjadi perasaan yang bersahabat dengan ibu kita, caranya yaitu dengan mengingat segala kebaikan ibu kita, sedangkan apabila dengan kasus yang sama tapi kita melakukan pembalikan maka yyang harus kita ubah adalah objenya, jadi kemarahan kita itu kita alihkan kepada oranglain.
demikian sedikit mengenai defence mechanism, kalau ada yang keliru mohon di beritahukan agar kita bisa saling berbagi ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar