Panduan Pertanyaan Wawancara untuk Mengungkap Makna Kebahagiaan
Aspek-aspek kebahagiaan oleh
Rostiana dan Koesma mengacu pada konsep kebahagiaan Diener dan Ryff terdapat
tiga aspek kebahagiaan:
1. Aspek emosi (hedonic), yaitu kebahagiaan yang dimaknai sebagai reaksi emosi
terhadap seluruh peristiwa dalam kehidupan, yaitu perasaan tenang, bersyukur,
hidup penuh damai sejahtera, perasaan yang positif, nikmat, dan tentram.
Pertanyaan:
a. Bagaimana
perasaan saudara terhadap kehidupan saudara hingga saat ini?
b. Bagaimana
perasaan saudara terhadap kelebihan dan kekurangan yang ada dalam diri saudara?
c. Manakah
yang lebih sering saudara rasakan dalam kehidupan sehari-hari, perasaan gembira
atau sedih? (Penjelasan disertai contoh)
2. Aspek kognitif (eudaimonia), yaitu kebahagiaan yang dimaknai sebagai hasil
evaluasi kognitif terhadap kehidupan, yaitu hidup berjalan seimbang dan sesuai
rencana, menemukan makna hidup, serta terselesaikannya masalah.
Pertanyaan:
a. Menurut
saudara kehidupan yang bahagia itu seperti apa?
b. Kesuksesan
dalam hal apa yang membuat saudara merasa bahagia?
c. Bagaimana
gambaran masa depan yang saudara bayangkan?
3. Aspek perilaku yang terbagi menjadi
dua, yaitu sosial dan religius.
Kebahagiaan yang dimaknai berorientasi pada
nilai-nilai sosial (dapat membantu dan memberi dukungan terhadap sesama,
bermakna bagi orang lain, serta dapat membahagiakan orang lain dan keluarga)
dan religius (dekat dengan Tuhan, rasa tanpa beban (ikhlas), dan mengamalkan
ajaran-Nya).
Pertanyaan:
a. Bagaimanakah
hubungan anda dengan teman-teman?
b. Apa
yang anda lakukan untuk membahagiakan orang lain/teman?
c. Bagaimana
perasaan saudara ketika dapat membantu orang lain/teman yang sedang membutuhkan
bantuan?
d. Apa
saja ajaran agama/amalan baik yang sering anda lakukan untuk membahagiakan
orang lain/teman?
Guide
Interviu
Studi
Lapangan : Konsep Kebahagiaan Remaja
Prosedur wawancara:
Ada 3 kategori:
Remaja panti Asuhan, Remaja pesantren, Remaja anak jalanan
1.
Mendatangi
lokasi penelitian untuk menanyakan kesediaannya (kecuali anak jalanan)
2. Mengurus surat ijin ke TU
3. Memberikan surat ijin ke pengurus
panti/pesantren
4. Memilih subyek : (kategori remaja tengah,16-18
tahun) dan dapat memberikan penjelasan yang bagus (maksudnya ikhlas mmeberi
informasi), atau subyek yang “unik” diantara komunitas yang ada.Jumlah subjek
yang hendak diwawancarai: sebanyak-banyaknya, minimal sejumlah anggota
kelompok. Jika ada mahasiswa lain (yang bukan kelompoknya ingin ikut dan
melakukan wawancara, dituliskan namanya dalam laporan)
Waktu pelaksanaan:
Tanggal 2-4 Mei: pengurusan surat
Tanggal 5-13 Mei:
pengambilan data (cari waktu kosong, sabtu minggu), kadang tidak dapat satu
kali pertemuan pertanyaan akan terjawab semua karena perlu pendekatan dulu pada
subyek.
Tanggal 14-20 Mei:
Penyusunan laporan dan Persiapan presentasi (bisa konsultasi langsung dengan Bu
Eva atau Bu Putri)
Tanggal 23 Mei:
Presentasi
Tujuan wawancara tugas lapangan ini adalah:
Setelah
mempelajari teori perkembangan remaja, pada umumnya remaja menginginkan sebuah
kebebasan. Benarkah mereka bahagia dengan jauh dari orangtua? Bagaimana mereka
melewati masa-masa remaja/puberitas mereka disuatu tempat yang jauh dari
anggota keluarga? Apakah mereka merasakan sebuah kebahagian dalam menjalani
hidup yang sekarang ini.
Panduan Wawancara:
Dalam Bertanya perlu diberikan sistematika dari
hal-hal umum ke hal-hal khusus. Ada 5 W
1H yang harus dijawab dulu: Who
(siapa mereka),Way (Mengapa mereka
tinggal disitu) Where (dimana
itu:lokasi dan gambaran tempat tingal) What
(tempat apakah itu), When (sejak
kapan mereka ada disana), How
(bagaimana kehidupan mereka disana).
I.
Pertanyaan
diatas sebenarnya merupakan Gambaran
latar Belakang Subyek (guide yang telah dibuat masing-masing kelompok) tapi
perlu diperbaiki.
II.
Konsep Kebahagiaan: (kognitif dulu, emosi baru
perilaku) Pada saat berlangsungnya wawancara tidak perlu disebutkan: ini aspek kognitif ya.. atau emosi…,
berlangsung mengalir saja.
a. Kognitif
1.
Menurut saudara bagaimanakah gambaran kehidupan yang
bahagia itu?
2.
Saudara
akan merasa bahagia jika dapat meraih sebuah kesuksesan atau keberhasilan dibidang apa?
3.
Apakah
saudara memiliki gambaran tentang masa depan?
Bisa dijelaskan?
b. Emosi
1. Apakah saudara merasa bahagia dalam
menjalani kehidupan saat ini? jelaskan
2. Apakah saudara tahu kelebihan dan
kelemahan saudara ? jelaskan. Bagaimana perasaan saudara terhadap
kelebihan dan kekurangan ini?
3. Manakah
yang lebih sering saudara rasakan dalam kehidupan sehari-hari, perasaan gembira
atau sedih? (Penjelasan disertai contoh)
c. Perilaku
1. Apakah anda memiliki teman dekat? Apakah anda suka banyak teman?Anda menyukai
teman yang bagaimana?
2. Jika ada prioritas atau rangking
siapakah yang ingin anda bahagiakan? Mengapa?Apa yang anda lakukan untuk
membahagiakan (orang yang
disebut tadi/prioritas /rangking 1)?
3. Bagaimana
perasaan saudara ketika dapat membantu orang lain/teman yang sedang membutuhkan
bantuan?
4.
Menurut
anda apakah dengan menjalankan agama secara baik, orang dapat merasakan
kebahagiaan hidup?Jelaskan
Jika dirasakan pertanyaan diatas ada
yang kurang untuk dapat menggambarkan tujuan tugas ini dilakukan, silahkan
ditambah dan dikembangkan sendiri.
III. Ucapkan Terima Kasih atas kesediaan waktunya (baik pada orang yang telah
diwawancarai maupun pada pengurusnya).
Selamat mengerjakan, semoga Sukses
Tidak ada komentar:
Posting Komentar